November 26, 2022

SD Negeri Alur Keujrun Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan merupakan sekolah paling terpencil, belum lama ini mendirikan sanggar seni yang diberi nama “Sanggar Seni AK-47 MR.”

Pendiri sanggar seni di SD Negeri Alur Keujrun, Mariatun kepada thejurnal,id, Sabtu (24/9/2022) lalu menceritakan, AK-47 MR ini memiliki makna yang unik supaya lebih dikenang.

“Sanggar seni AK-47 MR berasal dari, AK singkatan Alur Keujrun, angka 47 yaitu guru perempuan 4 orang dan guru laki-laki 3 orang, sedangkan MR singkatan dari Mariatun dan Ridhwan,” ujarnya.

Dikatakannya, Mariatun adalah pembina sanggar ini dan Ridhwan kepala sekolahnya.

Mariatun menjelaskan, sanggar ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan bakat dan minat siswa dalam mengembangkan kesenian seperti tari-tarian.

“Sekalipun sekolah ini berada jauh di pedelaman, namun kreatifitas anak tetap tumbuh. Karena dengan seni hidup ini menjadi indah,” ucapnya.

Ditambahkannya, untuk melatih siswa diambil waktu pada sore hari sebagai bagian dari pengembangan ekstrakurikuler.

“Dengan terbentuknya sanggar ini bisa ditampilkan saat kunjungan para pejabat ke sekolah ini seperti kunjungan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan hari ini,” tuturnya.

Mariatun mengharapkan, ketika ada kegiatan penampilan seni baik di tingkat kecamatan ataupun kabupaten, kami siap untuk tampil memeriahkannya agar siswapun bisa melihat dunia luar.

Sementara Kadisdikbud Aceh Selatan, Akmal AH SPd yang baru menjabat kepala dinas setelah dipeusijuk (tepung tawar) merasa kagum atas penampilan yang ditunjukkan oleh sanggar seni AK-47 MR itu.

“Teruslah berlatih dan mempersembahkan tarian-tarian tradisional dan modern dengan tetap menjaga norma-norma agama serta mengangkat nilai-nilai kearifan lokal,” pesan Akmal.[]

Sumber : https://thejurnal.id/news/ada-sanggar-seni-ak-47-mr-di-sdn-alur-keujrun-begini-ceritanya/index.html

1 thought on “Ada Sanggar Seni AK-47 MR di SDN Alur Keujrun, Begini Ceritanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.