November 26, 2022

Menyahuti permintaan ketua komite SD Negeri Alur Keujrun, Kecamatan Kluet Tengah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan yang baru enam bulan dilantik, langsung menuju Desa Sarah Baru hingga bermalam disana.

Kunjungan itu menempuh waktu 3 jam perjalanan dengan mengarungi derasnya aliran Sungai Kluet menggunakan alat transportasi speed bot, Jumat (23/9/2022).

Kadisdikbud Aceh Selatan, Akmal AH SPd kepada serambinews.com, Minggu (25/9/2022) mengatakan, untuk memenuhi permintaan ketua komite SD Negeri Alur Keujrun, kami dan rombongan langsung menuju Desa Sarah Baru pada hari Jumat dan kembali siang Sabtu.

“Permintaan ketua komite itu harus segera disahuti mengingat kebutuhan rumah dinas guru sangat mendesak,” kata Akmal. Dikatakannya, untuk memastikan kebutuhan apa saja yang sangat mendesak di sekolah terpencil itu, perlu dipastikan dengan meninjau langsung ke lokasi.

“Saya pertama sekali menginjakkan kaki ke Desa Sarah Baru sehingga dapat melihat kondisi sekolah, ternyata benar kebutuhan paling mendesak adalah rumah dinas guru dan MCK,” ucapnya. Selain itu kata Akmal, ada beberapa fasilitas sekolah yang sudah rusak dan harus direhab seperti plapon dan lain-lain.

Akmal terkesima melihat lingkungan sekolah yang bersih, rapi, estetika dan hijau. Sekalipun sekolah ini berada di pelosok, namun katanya tidak jauh beda dengan sekolah yang berada di ibu kota kecamatan bahkan sekolah yang ada di ibu kota kabupaten.

“Sambutan hangat yang diberikan masyarakat disini dengan suasana keakraban dan kekuargaan membuat ingin kembali lagi di suatu hari nanti,” kesan Akmal.

Kadisdikbud menjelaskan kepada masyarakat, kami ini bukan tamu melainkan tuan rumah..Sebab, sekolah ini milik pemerintah kabupaten melalui Disdikbud Aceh Selatan kemudian dikelola oleh kepala sekolah bersama dewan guru.

“Untuk itu, karena sekolah ini milik masyarakat tempat mencerdaskan putra putri disini, maka mari kita menjaga dan merawat sekolah agar tetap asri,” pinta Akmal.

Sementara itu, Ketua Komite SD Negeri Alur Keujrun, Akbara menyampaikan, ucapan terima kasihnya kepada Kadisdikbud Aceh Selatan langsung berkunjung ke sekolah ini yang telah lama kami nantikan.

“SD ini hanya memiliki 2 unit rumah dinas guru, sedangkan di SMP Negeri Satu Atap belum ada rumah dinas. Justru itu harapannya agar segera dibangun segera rumah dinas yang bisa ditempatkan oleh guru-guru yang mengajar di sekolah disini,” pinta Akbara.

Dalam kunjungan itu, Kadisdikbud Aceh Selatan turut didampingi kabid pembinaan SD, Yusri SPd, kabid pembinaan GTK, Saleh Amin SPd, kabid Kebudayaan, Hendry Yatdi SPd, kabid pembinaan PAUD diwakili Mulyadi ST, kabid  Program diwakili Yulizar Arby SE. Turut hadir musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SD Kecamatan Kluet Tengah dan Kluet Utara.(*)


Sumber : https://aceh.tribunnews.com/2022/09/25/bangun-rumah-dinas-guru-di-sarah-baru-kadisdikbud-aceh-selatan-arungi-sungai-kluet.
Penulis: Taufik Zass | Editor: Taufik Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published.