August 17, 2022
Semenjak berubahnya aturan bagi guru, dari pola pendidikan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang materi ajarnya lebih

Semenjak berubahnya aturan bagi guru, dari pola pendidikan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang materi ajarnya lebih ke arah skill guru atau keprofesional seorang guru, berubah ke pola pendidikan keprofesian pembelajaran (PKP), materi ajar pada program PKP ini lebih mengarah ke padagogik guru, lebih mengarah ke model pembelajaran siswa, kegiatan PKP ini akan lebih banyak diarahkan ke pembuatan RPP dengan model IN ON IN.

Untuk mendukung kegiatan PKP ini, Kemdikbud melalui P4TK telah berkoordinasi dengan dinas pendidikan kab/kota, terutama dengan guru pembimbing dilapangan, di PKB guru yang menjadi tutornya atau lebih di kenal dengan guru IN (instruktur nasional) yang telah dilatih (oleh Kemdikbud) dan mereka di pilih berdasarkan nilai dari UKG tahun 2015. Lain halnya dengan PKP, Kemdikbud memberi kewenangan pada dinas pendidikan kab/kota untuk menentukan guru tutornya (IN), boleh diambil dari guru IN di PKB atau guru yang lain yg dianggap cakap dan mampu membimbing guru yang lain, dengan ketentuan guru tersebut telah mempunyai nomor UKG (wajib, karena setelah selesai kegiatan peserta PKP akan di test secara daring).

Guru yang dijanjikan tutor akan dilatih dan di bimbing oleh P4TK untuk masing-masing matapelajaran, yang selanjutnya mereka akan membimbing guru di lapangan.

Walaupun saat ini sistem zonasi belum sempurna, pada PKP ini juga diberlakukan sistem zonasi. Zonasi di buat berdasarkan sekolah SMA terdekat, maka di kabupaten Aceh Selatan dibagi dalam tiga zonasi, yaitu zona SMA Negeri 1 Kluet Timur yang mencakup Trumon raya-Bakongan raya-Kluet selatan-Kluet timur-Kluet Utara-Kluet tengah (tidak termasuk Alue kejrun), zona SMA Negeri 1 Tapaktuan mencakup Pasi raja-Tapaktuan-Samadua, dan zona SMA Unggul Darussalam Labuhan haji mencakup sawang-meukek-labuhan haji raya-kluet tengah (hanya Alue kejrun).

Guru yang ikut kegiatan PKP akan di arahkan ke zonasi masing-masing dan tidak dibenarkan ikut di luar zonasi mereka.

3 thoughts on “Guru yang mampu bisa jadi Mentor

  1. Kalau u PKP tingkat SD di seluruh Trumon Raya ke SMU Kotafajar ya cukup jauh jaraknya apa tidak bisa di usahakan untuk mendekatkan jaraknya ke SMU Bakongan misalnya.

    1. Bukan begitu maksud zonasi, jika zona nya di sana, boleh PKPnya dimana aja dalam zona itu, pesertanya tidak boleh diambil di luar zona yang telah di tentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.